Sunday, 14 September 2014

Spare part of Love, No Palsu!


    Sejak tadi mobil silver itu masih berderu tanpa menggerakkan rodanya sedikit pun. Pengemudinya masih tenggelam dalam keraguan dan kegugupan, sambil mengira-ngira kemungkinan yang akan terjadi. Ini adalah detik-detik yang paling mendebarkan bagi Tomi. Tidak lama lagi, ia akan mengutarakan perasaan dan langsung melamar Tania di hari jadinya yang ke- 24. Yaris silver yang didudukinya saat ini adalah saksi pertemuan mereka 2 tahun yang lalu.
                                                                               *****************

            “Selamat siang. Selamat datang di showroom kami. Perkenalkan nama saya Tania”. Wiraniaga cantik itu mengulurkan tangannya ke arah Tomi. Beberapa detik berlalu, tangan itu belum disambutnya, Tomi masih dibekukan oleh senyum manis sang Wiraniaga.
         “Saya Tania, boleh saya tahu nama Bapak?” tangan itu masih terjulur.
     Plak, “Jangan bengong aja bro,” tepukan Yogi mengembalikan Tomi dari kebekuannya.
         “Oh, iya. Saya Tomi dan ini teman saya Yogi,” jantung Tomi berdegup tak karuan saat menjabat tangan Tania. Kadar dopamin dalam tubuhnya meledak, namun ia tetap berusaha untuk menguasai diri.
        Selanjutnya Tania memulai percakapan basa-basinya. Tomi maupun Yogi tampak menikmati percakapan tersebut.
    “Kalau boleh tahu , Bagaimana Bapak Tomi bisa mendapatkan informasi tentang dealer kami?”
        “Daya tarik Mba’ Tania yang mengatarkan saya kesini,” Naluri Cassanova dalam diri Tomi kembali muncul. Yogi pun membacanya. Tania berusaha menguasai ekspresinya, sekilas ia terlihat keheranan dan sedikit kurang nyaman dengan gombalan itu.
      “Ah, Pak Tomi bisa aja. Hm, Sekarang kesibukan pak Tomi apa?”
       “Sekarang saya sibuk mencuri,” kening Tania berkerut. Rayuan klasik seperti itu, ia sudah tahu selanjutnya apa?.
      “Sibuk mencuri hatiku kan?” balasnya dengan percaya diri.
      “ih, Ge Er”,  Tomi kemudian tertawa sementara Tania sedikit cemberut.
       “Gombalmu Basi, Tom”, ketus Si Yogi di sampingnya.
     “Oh iyya mba’” Yogi mulai berbicara. “Toilet di mana yah?”
       “Masuk pintu coklat, terus, belok kiri”
    “Kalau alamat hati mba' dimana?”. Yogipun tak mau kalah rupanya. Dalam benak Tania Ke dua pria ini ternyata sama saja. Meskipun sedikit kesal dengan pelanggannya yang usil, tetap saja pipi Tania memerah dibuatnya.
  Tomi tak bisa melepaskan perhatiannya di saat Tania menjelaskan fitur produk secara detail di depan mereka berdua. Akhirnya Tomi tertarik pada sebuah mobil berwarna silver dan melakukan test drive. Tania masih menemaninya sekaligus menjelaskan  fungsi fitur-fitur interiornya. Setelah beberapa jam, transaksipun dilakukan. Sebuah All New Yaris Silver kini menjadi milik Tomi. Namun yang paling membuatnya senang adalah ia bisa lebih akrab dengan Tania dalam waktu yang singkat. Dan keakraban mereka berlanjut ketika suatu hari Yogi  dan Tomi berinisiatif mengajak Tania makan siang di restoran dekat show roomnya. Lama kelamaan, mereka bertiga seringkali berkumpul di tempat yang berbeda.
Canda demi canda, cerita demi cerita bahkan Curhat demi curhat membuat mereka semakin dekat layaknya kerabat meskipun benih-benih cinta mulai tumbuh di antara mereka. Yogi dengan iseng, menyebutnya persahabatan TOYOTA, yang diambil dari suku kata pertama dari nama mereka. Persis dengan merek produk showroom tempat mereka pertama kali bertemu. Katanya ini adalah bukti bahwa Tuhan tak bermain dadu.

*********************
     Beberapa menit mengumpulkan keyakinan dan keberaniannya, Tomi pun menginjak gas Yaris silvernya. Sekilas ia tadi merasakan bunyi yang tidak normal ketika melepas pedal kopling.
      “Padahal baru di servis tiga minggu yang lalu.  Ngeceknya nanti saja ah. Sekarang, yang terpenting adalah Tania,” pikirnya. 
   Ia pun melintasi jalan raya yang masih aman dari kemacetan. Ini akan menjadi hari yang bersejarah dalam hidupnya. Sambil menyetir, Tomi senyum-senyum sendiri membayangkan apa yang akan terjadi, kini kegugupannya berubah menjadi rasa tidak sabar dan laju mobilnya semakin cepat. Tiba-tiba saja Tomi dikagetkan dengan sebuah lubang bekas jalan rusak. Seketika ia menginjak remnya namun tetap saja lubang tak bisa dihindari. Brakk, suara goncangan kecil ban mobil menginjak lubang. Meskipun tabrakannya tak seberapa. Putaran roda dan suara mesin mobil tiba-tiba kacau. Untungnya sebelum berhenti total, Tommi mengarahkannya ke pinggir jalan.
         Beberapa kali Ia coba menjalankannya kembali, namun mobil silver itu enggan memutar rodanya. Tomi mulai gelisah, Ia pun menghubungi bengkel terdekat. Dan beberapa menit kemudian petugas bengkel datang dan langsung melakukan pengecekan. 
         “Sepertinya plat koplingya patah mas!”, kata petugas bengkel.
             Dalam benaknya Tommi menyesal. Ia semakin yakin bahwa plat kopling tersebut imitasi. Seharusnya ia patuhi nasehat Yogi tiga minggu yang lalu.

*******************

       “Ayo kita di tempat lain aja!“ ajak Yogi.
       “Kenapa? Mereknya sama, agak murah lagi”
       “Mending kita di bengkel resmi aja“
      “Duh, kelamaan. Harus Muter dulu. Lagian sama aja kan di sini juga mereknya Toyota. Tania udah lama nunggu kita soalnya”
          Yogi pun menurutinya. Setelah servis beberapa menit di Bengkel, mereka berdua bergegas menemui Tania di Restoran. Di restoran tersebut terlihat seorang gadis yang sedang asyik memainkan gadgetnya dan  Seperti biasa, perasaan Tomi kembali sejuk jika menatap gadis itu.
       “Hai , Tan. Udah lama nunggu?” Tomi menyapa duluan.
     “Gak kok. Kalian dari mana aja?” tanya Tania sambil melemparkan senyumnya.
   “Habis servis mobil,” jawab Tomi dengan balasan senyumnya.
       “Bukan di bengkel resmi tapi,” sambung si Yogi.
       “Hati-hati loh, onderdil palsu udah banyak beredar saat ini,” kata Tania
      “Yang pentingkan Cintaku padamu tetap ORI”, Rayu Tomi
      “Ehm, mulai lagi deh”
Gombal menggombal itu, kini sudah menjadi kebiasaan mereka. Setiap kali bertemu pasti ada yang memulai entah itu Yogi, Tania ataupun Tomi. Dan hal tersebut kadangkala dijadikan bahan candaan mereka.
“Masa sih? sparepart mobilnya aja belum tentu ori, apa lagi cintanya,” goda si Yogi.
“Spare part yah Spare part, dan Cinta yah Cinta,” Tomi tak mau kalah.
“Eits, tunggu dulu!. Tapi Spare Part ibarat komponen-komponen cinta loh.”
“Maksud kamu“, tanya mereka serentak. Tania tidak langsung menjawabnya, ia terlebih dahulu memesan menu kepada pelayan yang telah berdiri di sampingnya. Tomi dan Yogi tampaknya menunggu penjelasan.
“Maksudku cinta juga punya spare part dan ia tidak akan bisa jalan tanpa adanya spare part tersebut,” jelas Tania. Namun Kadua lelaki tersebut masih terlihat bingung.
“Nih saya kasi contoh. Hubungan seseorang tidak akan berjalan tanpa adanya percikan bukan?, biasanya kita sebut chemistry
Tomi dan Yogi mengangguk, mereka sepertinya mulai antusias.
“Begitu juga dengan sebuah mesin pembakar pada mobil, ia tidak akan menyala tanpa adanya percikan campuran antara bensin dan udara. Dan hampir semua mesin membutuhkan spare part berupa busi yang berfungsi menghasilkan percikan tersebut“.
“heh, rupanya Kamu tahu banyak juga tentang mekanik,” goda si Tomi. Tania sedikit cemberut tapi disitulah sisi imut gadis ini.
“Trus?”, desak Yogi yang sepertinya penasaran.
“Untuk menghasilkan percikan cinta kita pun butuh busi. Businya adalah daya Tarik pada diri masing-masing. Apakah itu berupa kegantengan atau kecantikan, kekayaan, kecerdasan, atau budi pekerti, yang bisa membuat orang kagum dan merasakan chemistry. Namun kadangkala daya tarik tersebut dibuat-buat, ada yang pura-pura baik atau pura-pura kaya, sok pintar, atau berdandan semaksimal mungkin untuk menutupi kekurangannya  bahkan sampai melakukan operasi plastik. Kalian bisa bayangkan percikan yang muncul dari daya tarik palsu, akan jadi  seperti apa?. Ia tidak akan bertahan lama. Waktu yang akan membuka topeng-topeng kepalsuannya.”
“trus?” mereka berdua mulai antusias.
“Tentu prinsipnya hampir samakan dengan busi?. Busi merek palsu pun tidak akan bertahan lama. Waktu dan medan tempuh yang akan menjawab kepalsuannya”
Kedatangan hidangan yang dibawa oleh pelayan sejenak menghentikan percakapan mereka. Namun Tania masih belum selesai.
“Cinta juga harus memiliki kopling. Fungsi kerja Kopling pada mobil yaitu melanjutkan putaran mesin ke transmisi, dan selanjutnya menggerakkan roda. Plat kopling terhubung ke transmisi sementara fly-wheel atau roda gila terhubung dengan mesin. Ketika plat koping menekan fly-wheel, maka keduanya akan berputar pada kecepatan yang sama.”, Tania menarik nafas sejenak dan sekali menyedot jus yang ada di depannya.
“Nah sama halnya dengan cinta, ia tak akan berjalan tanpa adanya gesekan atau pertemuan plat kopling dan fly-wheel. Anggap saja plat koplingnya adalah kamu dan fly-wheelnya adalah dia. Irama putaran kalian tidak akan bertemu tanpa adanya komunikasi secara terbuka, tulus dan jujur dari kedua belah pihak.”
“Plat kopling yang palsu akan  cepat rusak. Dengan kata lain, ketika ia rusak, perputarannya dengan fly-wheel tidak bisa diteruskan. Begitu pula dengan kamu, kebohonganmu dalam berkomunikasi dengannya suatu saat akan menghentikan perputaran cinta kalian.”
“Hm bisa juga”, gumam Yogi.  Tomi sedikit heran. Hampir dua tahun mereka mengenal Tania, baru kali ini Tania berbicara panjang lebar tentang spare-part.
“Cinta juga harus punya rem”, masih ada lagi rupanya.
“agar perasaan suka tidak seenaknya melaju hingga memlampaui batas norma. Maka kampas remnya tidak boleh palsu, karena ia akan cepat tipis sehingga suatu saat akan sulit mengendalikan perasaan tersebut. Dan masih banyak lagi spare part yang dibutuhkan demi berjalannya sebuah mobil cinta. Filter udara, lampu, filter oil dan lain-lain. Intinya spare part tersebut tak boleh palsu.”
“Aduh Tan, kamu kebayakan beranalogi. Lagian kan spare part yang tadi ku ganti asli kok, dari mereknya, bingkisan dan bentuknya aja udah sama.”
“yah, suatu saat kamu akan mengerti”, Tania kelihatan malas untuk mengomentarinya.

************************
Yaris silver itu harus diderek ke bengkel dan ia tak punya banyak waktu untuk menunggu hingga mobil tersebut diperbaiki. Ia pun segera memanggil Taksi dan menuju kediaman Tania di sebuah komplek perumahan. Tania tinggal bersama keluarganya di sana.
Taksi tersebut melaju cepat sesuai permintaan dari penumpangnya. Tiga puluh menit kemudian ia sudah tiba di depan pagar rumah Tania. Dilihatnya mobil Etios Valco  biru milik sahabatnya terparkir di halaman rumah. “Wah, wah. si Yogi datang juga rupanya.”
“Maaf kawan, sepertinya Persahabatan TOYOTA yang sering kau sebut-sebut tidaklah cukup. Karena bagiku Tania lebih dari seorang sahabat, ia akan menjadi pendampingku seumur hidup”, gumamnya dalam hati.
“Assalamu alaikum,” wajah Tomi muncul tepat di Pintu masuk. Dilihatnya Yogi, Tania dan kedua orang tuanya sedang duduk di ruang tamu.
“Waalaikum salam”, jawab mereka berempat serempak. Namun yang ditatap oleh Tomi hanya gadis pujaannya. Tania tampaknya sangat bahagia, pipinya memerah tidak seperti biasanya.
“Udah lama gi?”, Tomi menyapa.
“Baru setengah jam yang lalu” Jawab Yogi.
“Begini Tom, aku mau minta sedikit bantuan,” Yogi melanjutkan.
“Ntar aja bantuannya, kita rayain dulu ulang tahun Tania.”
“Justru itu, aku harap bantuan ini menjadi kadomu untuk Tania.”
“Apa emangnya?,” Tomi mulai penasaran.
“Baru saja aku melamar Tania. Rencananya kita akan menikah bulan depan dan Aku harap kamu mau membantu mengurus undangannya.”
Pikiran Tomi tiba-tiba gelap. Ia tak menyangka bahwa sahabatnyapun menaruh perasaan pada gadis yang dicintainya. Segala khayalannya beberapa jam yang lalu diperjalanan langsung memuai entah kemana.
“Baru saja katanya?, setengah jam yang lalu?. Sesepele itukah?. Hanya karena plat kopling palsu. Perasaan cintaku selama dua tahun ini seakan juga ikut menjadi palsu,” Benak Tomi menggerutu.





Sumber Inspirasi
http://www.toyota.astra.co.id/product/all-new-yaris/#Silver%20Metallic
http://gheovanchoff.wordpress.com/2013/11/20/ciri-kampas-kopling-harus-diganti/
http://catatanpendekblazer.blogspot.com/2014/06/busi-mobil-jenis-busi-dan-harga-busi.html


Sumber Gambar (before edit)

http://steve-lovelace.com/famous-stick-figures/
http://tipsartikeldanpengetahuan.wordpress.com/2013/03/18/tips-cara-mengatasi-kopling-keras-dan-berat/
http://www.toyota.astra.co.id/product/all-new-yaris/#Silver%20Metallic
http://www.toyota.astra.co.id/ownership/after-sales/ownership_as/kampanye-no-palsu-blog-competition/

Post a Comment